Rabu, 19 Mei 2010

cars : Penghemat Bensin Motor - Ford Motor Company - Studi Kasus

Latar Belakang Umum Fakta

Ford Motors adalah salah satu dari tiga perusahaan manufaktur otomotif terkemuka di Amerika Serikat. Berbasis di Michigan pada tahun oleh Henry Ford dan tumbuh untuk mencapai penghasilan sebesar miliar dan lebih dari . karyawan pada tahun . Pada -an pasar mobil auto utama pembuat – General Motors GM Ford dan Chrysler-itu berderak oleh persaingan dari manufaktur asing seperti Toyota dan Honda. Pada tahun Ford mengakuisisi Volvo Swedia model dalam upaya untuk bersaing di pasar luar negeri dan memperluas ke daerah lain. Selain itu Ford meluncurkan sebuah organisasi penuh rekayasa ulang proses bisnis rencana yang disebut amp quot Ford amp quot yang bertujuan membangun kembali infrastruktur perusahaan. Proses berarti pengurangan dalam kendaraan mereka Centers VCs untuk hanya lima yang meliputi operasi yang membentang di negara. Itu juga berarti pemotongan redudansi dan membutuhkan Teknologi Informasi TI untuk menjadi kekuatan pendorong dan hubungan antara pusat Ford di seluruh dunia.

Di jalan menuju pengurangan biaya layanan dan mendatangkan lebih banyak bisnis melalui web Ford bekerja erat dengan para pesaingnya di pasar AS GM dan Chrysler untuk menetapkan apa yang kemudian dikenal sebagai amp quot Otomotif Jaringan Exchange amp quot ANX sertifikat. Protokol ditujukan untuk memberikan standar komunikasi yang bersatu melalui Internet untuk memungkinkan pemasok untuk menyediakan teknologi umum bagi semua produsen. Selain itu Ford berfokus pada pembuatan informasi mengenai situs web lebih mudah diakses dan bermanfaat dengan menjalankan sebuah tim untuk mengelola proses menambahkan dan memperbarui informasi berdasarkan analisis tentang bagaimana manusia berurusan dengan informasi. Salah satu aspek terakhir Ford usaha adalah mencoba untuk membangun sebuah model melalui infrastruktur yang diuntungkan dari model yang dilaksanakan oleh komputer Dell untuk memperbaiki rantai suplai dan proses pengiriman. Model langsung tidak akan bekerja dengan baik untuk Automotives karena akan dengan komputer sebagai akibat Ford bekerja pada jaringan ritel renovasi dan mengidentifikasi apa yang akhirnya akan memberikan tambahan dalam waktu pengiriman tepi.

Enterprise Masalah Arsitektur

Infrastruktur Upgrade

Sejak pengoperasian Internet di tahun -an banyak upaya telah dibuat dalam standarisasi cara menyambung ke perangkat komputer. Pada tahun International Organization for Standards ISO menyadari bahwa selama periode itu banyak sistem jaringan ad hoc telah menggunakan TCP / IP protokol untuk komunikasi dan dengan demikian diadaptasi sebagai standar dalam model penghemat bbm jaringan Internet . Alat Hemat Bbm Pendorong utama untuk IP konvergensi pada masa itu adalah pertumbuhan lalu lintas data melalui wide area network WAN yang didirikan oleh perusahaan-perusahaan lokal. Lebih jauh lagi pada tahun Internet terbuka untuk digunakan secara komersial dan yang menuntut pengurangan biaya total operasi jaringan untuk mengatasi dengan juta internet host yang terwujud hanya dalam waktu -tahun. Alat Hemat Bbm Perusahaan telekomunikasi seperti AT

Web Technologies

Sejak Ford mendirikan Intranet itu bertujuan untuk membangun aplikasi web melalui analisis awal amp quot Mosaic amp quot bentuk awal web browser. Departemen teknis di Ford menggunakan bahasa web untuk membuat situs web pertama tahun . Pada tahun tim mulai membangun aplikasi memanfaatkan terpadu amp quot Netscape amp quot browser yang digunakan pada semua komputer di perusahaan dan bekerja pada standar pada template untuk memotong siklus hidup pengembangan. Ada substansial pemotongan biaya pelatihan karena user-friendly interface aplikasi web. Selain itu kecepatan pembangunan penting Penghemat Bensin membuat aplikasi yang tersedia untuk berbagai individu di seluruh perusahaan. Misalnya situs B B pemasok diperbolehkan terpencil dan mengamankan akses ke berbagai bagian Ford Intranet. Sebagai tambahan tim pengembangan Penghemat Bensin Motor menciptakan sebuah aplikasi sebagai virtual Ford teardown di situs web di mana insinyur Ford dapat memeriksa bagian-bagian dari pesaing amp mobil dan mengevaluasi teknologi baru. Alternatif akan menjadi aktual perjalanan ke lokasi fisik di mana air mata turun mobil Ford untuk memeriksa bagian-bagian.

Knowledge Management

Meskipun ada banyak definisi untuk pengetahuan masing-masing perusahaan mungkin akan beradaptasi sendiri didasarkan pada bagaimana analisis data Penghemat Bensin Motor dan informasi untuk memperoleh pengetahuan. University of Kentucky misalnya mendefinisikan pengetahuan sebagai amp quot sumber daya organisasi yang vital. Ini adalah bahan baku bekerja-dalam proses dan selesai baik pengambilan keputusan. Berbeda jenis pengetahuan yang digunakan oleh para pengambil Penghemat Bensin Mobil keputusan termasuk informasi prosedur dan heuristik antara lain … amp quot .

Ford gembira tentang itu menerima lalu lintas di situs Web dan semua orang penerbitan semua materi yang mereka miliki di meja di Intranet. Namun demikian ada berkembangnya kekhawatiran tentang kegunaan dan kegunaan dari materi orang menambahkan. Akibatnya Ford menciptakan sebuah amp quot Pengetahuan Domain Team amp quot untuk membangun informasi yang lengkap dalam sembilan daerah yang diidentifikasi sebagai vital bagi bisnis. Penghemat Bbm Proses Ford ambil adalah berdasarkan survei dan spesialis masukan dalam cara orang melihat informasi dan apa yang dianggap penting dan apa yang mengganggu dalam struktur situs Ford. Tujuan di balik inisiatif itu untuk mengurangi waktu yang dihabiskan individu dalam mencari informasi melalui tepat pengindeksan konten situs Web dan memastikan bahwa apa yang penting dapat diakses pada waktunya dan apa yang sepele tidak membanjiri ribuan peneliti hasil.

Business Re-engineering

Ketika perusahaan asing diizinkan untuk bersaing di pasar AS Ford memahami bahwa untuk berhasil dalam bisnis di arena yang kompetitif dibutuhkan untuk mengimplementasikan strategi yang pesaing sulit untuk meniru . Akibatnya Ford membeli Volvo Swedia untuk memasuki pasar Eropa dan sebagian dimiliki Mazda untuk memiliki keunggulan kompetitif dengan Jepang cars . Untuk mencapai itu rekayasa ulang kegiatan pembangunan produksi dan organisasi perusahaan global dan proses untuk pengurangan biaya dramatis. Selain itu mengerti bahwa ekspansi membutuhkan kerjasama dan keterpaduan dan dengan Penghemat Bensin Mobil demikian merencanakan untuk membangun infrastruktur TI melalui WAN yang menghubungkan semua kantor. Dalam proses inovasi dan re-engineering Ford telah menetapkan kebijakan untuk mengelola biaya membangun jaringan membangun model-model untuk pelaksanaan terus-menerus dan mengorganisasikan pertemuan global untuk menyelaraskan semua pihak dengan proses. Menambahkan untuk itu ketika tiba untuk mengelola website Ford memfasilitasi kampanye kesadaran untuk semua cabang untuk memahami bahwa Ford adalah menggunakan web untuk berkolaborasi dan riset dan mengadaptasi teknologi informasi sebagai cara untuk memaksimalkan nilai bisnis. Tujuan untuk Ford adalah untuk mempertahankan kepemimpinannya di Penghemat Bensin pasar dan untuk melakukan itu yang paling efisien dan efektif metode yang ada di sana.

Manajemen rantai suplai

Ford sering dibandingkan proses rantai pasokan dengan yang ada Dell Penghemat Bbm dalam upaya untuk menutup kesenjangan dalam prosesnya sendiri dan mencapai tingkat keberhasilan Dell telah tercapai. Perbedaan dalam model distribusi antara Dell dan Ford terletak di tengah-tengah menggunakan link dari toko-toko eceran. Karena Ford tidak dapat melewatkan eceran sebagai fokus titik distribusi itu bekerja untuk membangun jaringan toko-toko eceran yang dimiliki. Ford toko memastikan tidak mempengaruhi satu sama lain dalam hal penjualan dan memberi mereka semua tampilan dan nuansa standar untuk menetapkan diri dalam pasar konsumen sebagai mobil yang prestisius penjualan perusahaan ritel. Selanjutnya rekayasa ulang luas inisiatif telah dilakukan untuk meningkatkan Ford jaringan eksternal dengan menghilangkan korelasi dengan pemasok yang lebih kecil. Dengan cara itu Ford memastikan bahwa pemasok utama memiliki akses ke data dari pelanggan peramalan amp pembelian tren dan informasi produksi yang lebih cepat untuk mengaktifkan perintah-ke-siklus pengiriman. Ford visi adalah untuk menciptakan sebuah model yang memungkinkan fleksibilitas predicable menyampaikan proses dan produk pada waktu yang tepat untuk konsumen yang tepat.

Kesimpulan

Ford adalah contoh bagaimana organisasi tradisional dapat matang untuk mengadaptasi apa yang saat ini dan memaksimalkan nilai bisnis. Proses yang mengharuskan Ford pergi melalui dukungan yang berkelanjutan dari manajemen. Selain itu bergantung pada keselarasan antara mereka yang terlibat sebagai kunci untuk sukses. Korelasi itu tidak terbatas pada Penghemat Bensin Mobil staf internal tetapi diperluas untuk menutupi pesaing untuk mencapai keuntungan bersama untuk bekerja dengan para pemasok untuk mempertahankan alasan serupa dan infrastruktur yang memadai dan untuk membuat program pelatihan untuk mendidik semua pada visi dan tujuan organisasi.

Dari studi kasus ini saya memahami tingkat komitmen perusahaan besar harus mempertahankan posisi mereka di pasar. Perusahaan-perusahaan ini mengetahui sifat bisnis bergulir dalam arti betapa mudahnya untuk mundur jika mereka tidak mengikuti perubahan. Proses Ford juga menunjukkan perlunya berpikir cepat dan banyak akal ketika dihadapkan dengan situasi yang mungkin kelihatannya tidak menguntungkan. Cara Ford berkelana penghemat bbm ke pasar luar negeri dengan mengakuisisi produsen lokal adalah keputusan strategis yang tidak hanya memungkinkan Ford untuk merger dengan teknologi yang berbeda tetapi juga menyimpannya biaya tambahan membangun sentra-sentra produksi di Jepang dan Eropa.

Rekomendasi

Mempertahankan
kepemimpinan dalam organisasi inovatif membutuhkan pasar bersedia ulang untuk sukses.

TI
fusi dengan bisnis berarti restrukturisasi dan renovasi untuk memahami peran TI akan bermain untuk memenuhi tujuan bisnis
Perencanaan dan pemodelan sangat penting ketika koordinasi bekerja dengan tim besar.

Membangun website
bukan tentang konten itu adalah tentang memahami apa yang memberikan nilai tambah dan bagaimana manusia berinteraksi dengan informasi.

Pengetahuan
manajemen adalah sebuah rencana bahwa perusahaan perlu mengembangkan sebagai bagian dari proses bisnis awal mereka pemodelan
Hal ini tidak salah bagi perusahaan besar untuk mencoba untuk beradaptasi dengan proses berhasil dilaksanakan oleh perusahaan lain.

Referensi

Categories: Penghemat BBM Tagged: Bensin, Company, Ford, Kasus, Motor, Penghemat, Studi

Latar Belakang Umum Fakta

Ford Motors adalah salah satu dari tiga perusahaan manufaktur otomotif terkemuka di Amerika Serikat. Berbasis di Michigan pada tahun oleh Henry Ford dan tumbuh untuk mencapai penghasilan sebesar miliar dan lebih dari . karyawan pada tahun . Pada -an pasar mobil auto utama pembuat – General Motors GM Ford dan Chrysler-itu berderak oleh persaingan dari manufaktur asing seperti Toyota dan Honda. Pada tahun Ford mengakuisisi Volvo Swedia model dalam upaya untuk bersaing di pasar luar negeri dan memperluas ke daerah lain. Selain itu Ford meluncurkan sebuah organisasi penuh rekayasa ulang proses bisnis rencana car rentals yang disebut amp quot Ford amp quot yang bertujuan membangun kembali infrastruktur perusahaan. Proses berarti pengurangan dalam kendaraan mereka Centers VCs untuk hanya lima yang meliputi operasi yang membentang di negara. Itu juga berarti pemotongan redudansi dan membutuhkan Teknologi Informasi TI untuk menjadi kekuatan pendorong dan hubungan antara pusat Ford di seluruh dunia.

Di jalan menuju pengurangan biaya layanan dan mendatangkan lebih banyak bisnis melalui web Ford bekerja erat dengan para pesaingnya di pasar AS GM dan Chrysler untuk menetapkan apa yang kemudian dikenal sebagai amp quot Otomotif Jaringan Exchange amp quot ANX sertifikat. Protokol ditujukan untuk memberikan standar cars komunikasi yang bersatu melalui Internet untuk memungkinkan pemasok untuk menyediakan teknologi umum bagi semua produsen. Selain itu Ford berfokus pada pembuatan informasi mengenai situs web lebih mudah diakses dan bermanfaat dengan menjalankan sebuah tim untuk mengelola proses menambahkan dan memperbarui informasi berdasarkan analisis tentang bagaimana manusia berurusan dengan informasi. Salah satu aspek terakhir Ford usaha adalah mencoba untuk membangun sebuah model melalui infrastruktur yang diuntungkan dari model yang dilaksanakan oleh komputer Dell untuk memperbaiki rantai suplai dan proses pengiriman. Model langsung tidak akan bekerja dengan baik untuk Automotives karena akan dengan komputer sebagai akibat Ford bekerja pada jaringan ritel renovasi cars dan mengidentifikasi apa yang akhirnya akan memberikan tambahan dalam waktu pengiriman tepi.

Enterprise Masalah Arsitektur

Infrastruktur Upgrade

Sejak pengoperasian Internet di tahun -an banyak upaya telah dibuat dalam standarisasi cara menyambung ke perangkat komputer. Pada tahun International Organization for Standards ISO menyadari bahwa selama periode itu banyak sistem jaringan ad hoc telah menggunakan TCP / IP protokol untuk komunikasi dan dengan demikian diadaptasi sebagai standar dalam model penghemat bbm jaringan Internet . Alat Hemat Bbm Pendorong utama untuk IP konvergensi pada masa itu adalah pertumbuhan lalu lintas data melalui wide area network WAN used cars yang didirikan oleh perusahaan-perusahaan lokal. Lebih jauh lagi pada tahun Internet terbuka untuk digunakan secara komersial dan yang menuntut pengurangan biaya total operasi jaringan untuk mengatasi dengan juta internet host yang terwujud hanya dalam waktu -tahun. Alat Hemat Bbm Perusahaan telekomunikasi seperti AT

Web Technologies

Sejak Ford mendirikan Intranet itu bertujuan untuk membangun aplikasi web melalui analisis awal amp quot Mosaic amp quot bentuk awal web browser. Departemen teknis di Ford menggunakan bahasa web untuk membuat situs web pertama tahun . Pada tahun tim mulai membangun aplikasi memanfaatkan terpadu amp quot Netscape amp quot browser yang digunakan used cars pada semua komputer di perusahaan dan bekerja pada standar pada template untuk memotong siklus hidup pengembangan. Ada substansial pemotongan biaya pelatihan karena user-friendly interface aplikasi web. Selain itu kecepatan pembangunan penting Penghemat Bensin membuat aplikasi yang tersedia untuk berbagai individu di seluruh perusahaan. Misalnya situs B B pemasok diperbolehkan terpencil dan mengamankan akses ke berbagai bagian Ford Intranet. Sebagai tambahan tim pengembangan Penghemat Bensin Motor menciptakan sebuah aplikasi sebagai virtual Ford teardown di situs web di mana insinyur Ford dapat memeriksa bagian-bagian dari pesaing amp mobil dan mengevaluasi teknologi baru. Alternatif akan menjadi aktual perjalanan ke lokasi fisik di mana car rentals air mata turun mobil Ford untuk memeriksa bagian-bagian.

Knowledge Management

Meskipun ada banyak definisi untuk pengetahuan masing-masing perusahaan mungkin akan beradaptasi sendiri didasarkan pada bagaimana analisis data Penghemat Bensin Motor dan informasi untuk memperoleh pengetahuan. University of Kentucky misalnya mendefinisikan pengetahuan sebagai amp quot sumber daya organisasi yang vital. Ini adalah bahan baku bekerja-dalam proses dan selesai baik pengambilan keputusan. Berbeda jenis pengetahuan yang digunakan oleh para pengambil Penghemat Bensin Mobil keputusan termasuk informasi prosedur dan heuristik antara lain … amp quot .

Ford gembira tentang itu menerima lalu lintas di situs Web dan semua cars parts orang penerbitan semua materi yang mereka miliki di meja di Intranet. Namun demikian ada berkembangnya kekhawatiran tentang kegunaan dan kegunaan dari materi orang menambahkan. Akibatnya Ford menciptakan sebuah amp quot Pengetahuan Domain Team amp quot untuk membangun informasi yang lengkap dalam sembilan daerah yang diidentifikasi sebagai vital bagi bisnis. Penghemat Bbm Proses Ford ambil adalah berdasarkan survei dan spesialis masukan dalam cara orang melihat informasi dan apa yang dianggap penting dan apa yang mengganggu dalam struktur situs Ford. Tujuan di balik inisiatif itu untuk mengurangi waktu yang dihabiskan individu dalam mencari informasi melalui tepat pengindeksan konten situs Web dan memastikan car rentals bahwa apa yang penting dapat diakses pada waktunya dan apa yang sepele tidak membanjiri ribuan peneliti hasil.

Business Re-engineering

Ketika perusahaan asing diizinkan untuk bersaing di pasar AS Ford memahami bahwa untuk berhasil dalam bisnis di arena yang kompetitif dibutuhkan untuk mengimplementasikan strategi yang pesaing sulit untuk meniru . Akibatnya Ford membeli Volvo Swedia untuk memasuki pasar Eropa dan sebagian dimiliki Mazda untuk memiliki keunggulan kompetitif dengan Jepang cars . Untuk mencapai itu rekayasa ulang kegiatan pembangunan produksi dan organisasi perusahaan global dan proses untuk pengurangan biaya dramatis. Selain itu mengerti bahwa ekspansi membutuhkan kerjasama dan cars keterpaduan dan dengan Penghemat Bensin Mobil demikian merencanakan untuk membangun infrastruktur TI melalui WAN yang menghubungkan semua kantor. Dalam proses inovasi dan re-engineering Ford telah menetapkan kebijakan untuk mengelola biaya membangun jaringan membangun model-model untuk pelaksanaan terus-menerus dan mengorganisasikan pertemuan global untuk menyelaraskan semua pihak dengan proses. Menambahkan untuk itu ketika tiba untuk mengelola website Ford memfasilitasi kampanye kesadaran untuk semua cabang untuk memahami bahwa Ford adalah menggunakan web untuk berkolaborasi dan riset dan mengadaptasi teknologi informasi sebagai cara untuk memaksimalkan nilai bisnis. Tujuan untuk Ford adalah untuk mempertahankan kepemimpinannya di Penghemat Bensin pasar dan untuk melakukan itu yang paling cars parts efisien dan efektif metode yang ada di sana.

Manajemen rantai suplai

Ford sering dibandingkan proses rantai pasokan dengan yang ada Dell Penghemat Bbm dalam upaya untuk menutup kesenjangan dalam prosesnya sendiri dan mencapai tingkat keberhasilan Dell telah tercapai. Perbedaan dalam model distribusi antara Dell dan Ford terletak di tengah-tengah menggunakan link dari toko-toko eceran. Karena Ford tidak dapat melewatkan eceran sebagai fokus titik distribusi itu bekerja untuk membangun jaringan toko-toko eceran yang dimiliki. Ford toko memastikan tidak mempengaruhi satu sama lain dalam hal penjualan dan memberi mereka semua tampilan dan nuansa standar untuk menetapkan diri dalam used cars pasar konsumen sebagai mobil yang prestisius penjualan perusahaan ritel. Selanjutnya rekayasa ulang luas inisiatif telah dilakukan untuk meningkatkan Ford jaringan eksternal dengan menghilangkan korelasi dengan pemasok yang lebih kecil. Dengan cara itu Ford memastikan bahwa pemasok utama memiliki akses ke data dari pelanggan peramalan amp pembelian tren dan informasi produksi yang lebih cepat untuk mengaktifkan perintah-ke-siklus pengiriman. Ford visi adalah untuk menciptakan sebuah model yang memungkinkan fleksibilitas predicable menyampaikan proses dan produk pada waktu yang tepat untuk konsumen yang tepat.

Kesimpulan

Ford adalah contoh bagaimana organisasi tradisional dapat matang untuk mengadaptasi apa yang saat ini dan cars memaksimalkan nilai bisnis. Proses yang mengharuskan Ford pergi melalui dukungan yang berkelanjutan dari manajemen. Selain itu bergantung pada keselarasan antara mereka yang terlibat sebagai kunci untuk sukses. Korelasi itu tidak terbatas pada Penghemat Bensin Mobil staf internal tetapi diperluas untuk menutupi pesaing untuk mencapai keuntungan bersama untuk bekerja dengan para pemasok untuk mempertahankan alasan serupa dan infrastruktur yang memadai dan untuk membuat program pelatihan untuk mendidik semua pada visi dan tujuan organisasi.

Dari studi kasus ini saya memahami tingkat komitmen perusahaan besar harus mempertahankan posisi mereka di pasar. Perusahaan-perusahaan ini mengetahui sifat bisnis bergulir dalam arti betapa mudahnya untuk cars parts mundur jika mereka tidak mengikuti perubahan. Proses Ford juga menunjukkan perlunya berpikir cepat dan banyak akal ketika dihadapkan dengan situasi yang mungkin kelihatannya tidak menguntungkan. Cara Ford berkelana penghemat bbm ke pasar luar negeri dengan mengakuisisi produsen lokal adalah keputusan strategis yang tidak hanya memungkinkan Ford untuk merger dengan teknologi yang berbeda tetapi juga menyimpannya biaya tambahan membangun sentra-sentra produksi di Jepang dan Eropa.

Rekomendasi

Mempertahankan
kepemimpinan dalam organisasi inovatif membutuhkan pasar bersedia ulang untuk sukses.

TI
fusi dengan bisnis berarti restrukturisasi dan renovasi untuk memahami peran TI akan bermain untuk memenuhi tujuan bisnis
car rentals Perencanaan dan pemodelan sangat penting ketika koordinasi bekerja dengan tim besar.

Membangun website
bukan tentang konten itu adalah tentang memahami apa yang memberikan nilai tambah dan bagaimana manusia berinteraksi dengan informasi.

Pengetahuan
manajemen adalah sebuah rencana bahwa perusahaan perlu mengembangkan sebagai bagian dari proses bisnis awal mereka pemodelan
Hal ini tidak salah bagi perusahaan besar untuk mencoba untuk beradaptasi dengan proses berhasil dilaksanakan oleh perusahaan lain.


sumber:http://www.cars-sale.co.cc/cars-penghemat-bensin-motor-ford-motor-company-studi-kasus/

Selasa, 18 Mei 2010

CHANGE MANAGEMENT – Kiat Sukses Menghadapi Perubahan Dalam Organisasi Perusahaan


CHANGE MANAGEMENT

Kiat Sukses Menghadapi Perubahan Dalam Organisasi Perusahaan

Kata “perubahan” bagi sebagian orang merupakan sebuah kata yang menimbulkan kekhawatiran dan perasaan takut. Bagi mereka yang lain, kata itu adalah sebuah pertanda tantangan dan waktu-waktu yang menggairahkan. Sementara bagi sebagian lagi kata itu merupakan sebuah peringatan untuk memulai sebuah perjuangan demi kelangsungan hidup. Perubahan seharusnya tidak dianggap sebagai sebuah malapetaka karena manusia mempunyai kemampuan dalam beradaptasi dan memberikan kontribusi mereka pada perubahan.

Ketika organisasi-organisasi berlomba untuk menjadi lebih efektif dengan meningkatkan pendayagunaan sumber-sumber mereka, SDM mendapatkan perhatian khusus dalam hal ketrampilan dan pengalamannya. Organisasi yang telah terbiasa dengan perubahan akan melihat perubahan itu sebagai sebuah evolusi daripada revolusi. Ketakutan dan kekhawatiran mungkin tidak akan begitu dirasakan. Organisasi ini telah belajar bagaimana cara menangani perubahan. Kemampuan ini tidak muncul secara kebetulan. Hal ini harus dibantu oleh manajemen perubahan yang efektif. Tanggung jawab atas manajemen perubahan tidak langsung dipikirkan sebagai milik suatu departemen atau fungsi tertentu tetapi dapat dianggap sebagai peran dalam pelatihan dan pengembangan.

Metodologi dan teknik investigasi serta analisis yang digunakan oleh para pelatih adalah sangat relevan untuk pelaksanaan studi dalam konteks organisasi yang lebih luas dan dengan pengembangan organisasi itu secara keseluruhan.

Perubahan apapun dalam pengoperasian organisasi mungkin juga akan melibatkan perubahan dalam tugas dan cara melakukan tugas tersebut. Hal ini menjadikan program pelatihan dan pengembangan sebagai bagian integral dari proses itu dan memberikan pada para pelatih peran yang lebih beragam untuk dimainkan.


A. Tujuan dan Manfaat Pelatihan

1. Memperlihatikan pandangan mengenai hubungan antara mengelola perubahan dengan praktek pelatihan dan pengembangan.

2. Memberikan metode dan arahan untuk menghadapi perubahan dalam organisasi

3. Meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan para pelatih di organisasi

pemgarang: Dr.H.Moch. Aris Munandar, MPA



Strategi Menghadapi dan Mengatasi Krisis - Presentation Transcript

  1. STRATEGI MENGHADAPI DAN MENGATASI KRISIS Oleh Franciscus Welirang (Wapresdir PT Indofood Sukses Makmur Tbk.) Leaders Talk: Turnaround Strategi Universitas Mercu Buana Sabtu, 18 Nopember 2006, 10.00-13.00 Golden Ballroom, Sultan Hotel, Senayan, Jakarta 1
  2. KERANGKA ISI 1. DEFINISI KRISIS 2. DAMPAK KRISIS 3. SUMBER KRISIS 4. GEJALA KRISIS 5. CARA MENGATASI KRISIS 6. PERAN DAN VISI KEPEMIMPINAN 7. CONTOH KASUS DIVISI BOGASARI a. RENCANA PENGEMBANGAN JANGKA PANJANG b. KRISIS DAN GELOMBANG 1 c. KRISIS DAN GELOMBANG 2,3 d. ROADMAP TO GLOBE 2020 8. KESIMPULAN 9. PENUTUP 2
  3. 1.DEFINISI KRISIS: ADALAH SUATU PERUBAHAN, BAIK SEKETIKA ATAU PERLAHAN, YANG MEMBUAT MASALAH BESAR DAN MENDESAK SERTA HARUS SEGERA DILAKUKAN TINDAKAN. Sumber: HBE -2004 DALAM HURUF CINA, KRISIS DITULIS WEI-JI YANG MENGANDUNG UNSUR ADA SESUATU YG BESAR YG TERTUTUP 2 GORDIJN WEI=BAHAYA DIBAWAH ADA KUNCI JIKA KITA TAHU KUNCI MENGATASI DIBALIK SETIAP BERARTI KESEMPATAN U/KEMAJUAN KRISIS SELALU ADA JI =PELUANG PELUANG BAGAIMANA KITA MEMANDANG KRISIS ? 3
  4. 2.DAMPAK KRISIS BAGI PERUSAHAAN KRISIS SELALU BERDAMPAK KE: •KARYAWAN •REPUTASI & PENCITRAAN •KERUGIAN BIAYA (UANG, WAKTU, MORAL) UKURAN DAMPAK KRISIS: •BENCANA/FATAL/CATASTROPIC •BESAR & BANYAK •SEDANG •KECIL •MIKRO UKURAN INI SANGAT TERGANTUNG KEPADA KECEPATAN, KEAHLIAN DAN EFEKTIFITAS PENANGGULAN KRISIS JIKA PROAKTIF: DAMPAK LEBIH KECIL JIKA REAKTIF: DAMPAK LEBIH BESAR 4
  5. 3. SUMBER KRISIS PERUSAHAAN SUMBER KRISIS 1.LINGKUNGAN EKSTERNAL 2. PROSES BISNIS 3.INFORMASI & TEKNOLOGI UNCONTROLABLE CONTROLABLE (RELATIF) UNCONTROLABLE BENCANA: PERSAINGAN BISNIS PERUBAHAN TEHNOLOGI (BENCANA ALAM, PERANG, IKLIM, KONSUMEN YG BERUBAH LEDAKAN INFORMASI HURU HARA, KEJATUHAN EKONOMI) PASOKAN BAHAN BAKU PERUBAHAN KOMUNIKASI PERUBAHAN LINGKUNGAN: INTERNET PERUBAHAN POLITIK & PEMERINTAH TATA KELOLA PERUSAHAAN HANDPHONE PERUBAHAN SOSIAL & BUDAYA (KEHILANGAN) REPUTASI SMS PERUBAHAN HUKUM DAN UNDANG2 ETIKA BISNIS PERUBAHAN SOSIAL ACCEPTANCE TANGGUNG JAWAB (SOSIAL) DAYA BELI MASYARAKAT PERUSAHAAN TERORISME RESIKO FINANSIAL & BISNIS SABOTASE SUKU BUNGA, KREDIT, NILAI ISUE INTERNASIONAL TUKAR HAM PRODUK SUBSTITUSI/PENGGANTI LINGKUNGAN HIDUP STANDARD2 INTERNASIONAL (ISO PERILAKU KARYAWAN, DLL) MANAJEMEN WTO INFRASTRUKTUR (JALAN, AIR, ANTI KORUPSI ENERGI,TELP) ENERGI LANGKA/MAHAL SUPRASTRUKTUR (KEBIJAKAN, UU, PP DLL) Sumber: hbe 2004 ewr mgt 2003 5
  6. 4. GEJALA KRISIS • TERLALU CEPAT SUKSES DAN JADI BESAR (PONDASI LEMAH) • TAK PERHATIAN PADA STANDARD DAN HAL DETIL (AKUMULASI MASALAH) • TAK MELAKUKAN ENVIRONMENT SCANNING DAN TREND KEDEPAN (IPOLEKSUSBUD) • MENGABAIKAN STAKEHOLDER / PEMANGKU KEPENTINGAN: •KARYAWAN •INVESTOR •PELANGGAN •PEMIMPIN DAN MASYARAKAT (SEKITAR) •PEMASOK •REGULATOR, PEMERINTAH, DPR •PEMEGANG SAHAM •PUBLIK & MEDIA MASA • PUAS DIRI, HIGH PROFILE DAN TERTUTUP (DI LEVEL TOP EXECUTIVES) • PENDEKATAN SELALU REAKTIF, TIDAK PROAKTIF & ANTISIPATIF ADA ASAP ADA API 6
  7. 5. CARA MENGATASI KRISIS 1. MENAHAN KRISIS  BERTINDAK CEPAT DAN BUAT KEPUTUSAN  UTAMAKAN MANUSIA  ADA DI TEMPAT KEJADIAN  BEBAS BERKOMUNIKASI 2. MENGATASI KRISIS  BERTINDAK CEPAT  MENGUMPULKAN FAKTA  BERKOMUNIKASI DENGAN MEDIA  MENDOKUMENTASIKAN TINDAKAN  MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MANAJEMEN  MEMIMPIN  MENYATAKAN KRISIS BERAKHIR Sumber hbe 2002: crisis mgt 7
  8. 6. PERAN VISI & KEPEMIMPINAN VISI YANG JELAS DAN KEPEMIMPINAN YANG KUAT, SANGAT DIPERLUKAN UNTUK MENGATASI KRISIS VISI MENJADI PERUSAHAAN GLOBAL PENYEDIA MAKANAN BERKUALITAS (BERBASIS PERTANIAN) DAN PRODUK SERTA JASA TERKAIT MISI KAMI BERKOMITMEN UNTUK MENNYEDIAKAN PRODUK DAN JASA MAKANAN (BERBASIS PERTANIAN) BERMEREK YANG BERORIENTASI PASAR DAN PELANGGAN YANG INOVATIF DAN BERKUALITAS TINGGI. KAMI BERUSAHA UNTUK MEMBERIKAN KEPUASAN, MEMENUHI KEBUTUHAN KESEHATAN DAN GIZI MASYARAKAT; MEMBERIKAN NILAI (MANFAAT) OPTIMAL BAGI PELANGGAN KAMI, PEMILIK MODAL, PEKERJA DAN MASYARAKAT PADA UMUMNYA 8
  9. 6. PERAN VISI & KEPEMIMPINAN 6 KUALITAS PEMIMPIN YANG EFEKTIVE & S UKS ES 4. Membangun Tim 1. Tujuan & • Mencari harmonisasi/sinergi Visi • Gambaran hasil yang ingin dicapai • Bermain & bekerja bersama – sama sbg Tim • Mulai dari yang ada dipikiran • Memilih orang yg tepat (KSA, motivasi & karakter) 2. Komunikasi • Berbagipengalaman (1 orang jatuh semua jatuh / 1 utk semua, semua utk 1) • Bangga menjadi anggota Tim (membuat • Cara menarik perhatian : identitas khusus) - Komunikasi antar orang - Komunikasi didalam group kecil/tim - Pembicaraan umum 5. Tegas Dibawah • Komunikasi yang efektive : Tekanan - Menghargai & ada penyelesaian - Kata + Bahasa tubuh + Penampilan Leader • Mampu membuat keputusan yang tepat (clear, sound, practicable) • Cepat 3. Motivasi • Dibawah tekanan • Pemimpin adalah seseorang yg mampu membuat 6. bawahannya melakukan yang tidak bisa dilakukannya (Gen. G. Patton) Kemauan • Kemauan & Kerelaan • Memilih orang yang tepat Bagaimana dgn - Komitmen pada target • Memberikan dukungan positive KARISMA ? • Menghargai hasil kerja (tunjukan didepan umum) - Percaya pada apa yg dikerjakan • Delegasi dan kepercayaan (nilai melatih, bukan • Bekerja dgn sepenuh hati 9 prosedur) • Persaingan yang sehat Sumber: James Gwee
  10. 7. CONTOH KASUS DIVISI BOGASARI 7a. RENCANA PENGEMBANGAN JANGKA PANJANG PERIOD 1998-2002 2003-2007 2008-2012 THEME BOGASARI EXCELLENCE VISION ASEAN’S LEADING INTEGRATED ASPAC’S LEADING INTEGRATED WORLD’S LEADING INTEGRATED PROVIDER OF QUALITY GRAIN-RELATED PROVIDER OF QUALITY GRAIN-RELATED PROVIDER OF QUALITY GRAIN RELATED PRODUCTS AND SERVICES PRODUCTS AND SERVICES PRODUCTS AND SERVICES FEATURES  STRONG MARKETING MANAGEMENT  ASPAC DISTRIBUTION NETWORK &  GLOBAL BRAND  STRONG OPERATIONS MANAGEMENT OPERATION FACILITY  GLOBAL NETWORK MANUFACTURING EXCELLENCE DEVELOPMENT  WORLD-CLASS MANUFACTURER BRAND EQUITY DEVELOPMENT BUSINESS DIVERSIFICATION  DISTRIBUTION NETWORK EXPANSION  DISTRIBUTION NETWORK EXPANSION PROGRAMS  REORGANIZATION OF MARKETING PROGRAM CUSTOMER ORIENTED PROGRAMS MANAGEMENT  FLOUR TECHNICAL SERVICES PROGRAM WORLDWIDE NETWORK EXPANSION  FACILITY DEVELOPMENT PROGRAM (STARCH-  BRAND LOYALTY CAMPAIGN AUTOMATION PROGRAMS GLUTEN; GERM; RICE MILL)  FLOUR CONSUMPTION PROMOTION PROGRAM  FLOUR MILLS IN ASEAN GENERIC STRATEGY OVERALL COST LEADERSHIP FOCUSED DIFFERENTIATION FOCUSED DIFFERENTIATION GROWTH STRATEGY MARKET DEVELOPMENT MARKET DEVELOPMENT PRODUCT DEVELOPMENT 10
  11. 7.a. KRISIS DAN GELOMBANG I KONSEP INTI AGENDA TRANSFORMASI BOGASARI: GELOMBANG 1 Serangkaian inisiatif-inisiatif strategis dirancang untuk merubah pola pengontrolan operasional organisasi dari sentral menjadi desentralisasi dan mencapai posisi Bogasari sebagai Regional Player di era perdagangan bebas. Regional Player in the Free Trade Era $ $ $ $ $ $ Consolidation Domestic Expansion $ KRISIS 1968 1997 1998 1999 2000 2001 2002 PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR bogasari flour mills Decentralized Operations OPU Empowerment PT Indofood Sukses Makmur Tbk Operations Technology alignment Jakarta Factory KELOMPOK USAHA BOGASARI Systems alignment Surabaya Factory Bogasari “Virtual” Corp. Commercial Structural alignment PT Bogasari Sentra FM • SBU1 Shipping FUNCTIONAL-OPU (OPERATING UNIT) HYBRID  OPU Flour Operations Finance & Admin. Leadership formation  OPU Pasta Operations • SBU2 PT Intisari FM Finance People alignment & value attunement  OPU Flour Operations Human Resources Policy clarification & alignment • SBU3 PT Indo Bahterasejahtera Textile  Maritime OPU Citeureup Factory Re-assessing the current direction • SBU4 PT Inti Abadi Kemasindo  OPU Packaging Centralized Control of Operations Crisis management 11
  12. 7.b. KRISIS DAN GELOMBANG 2,3 AGENDA TRANSFORMASI BOGASARI: GELOMBANG 2 GELOMBANG 3 Tantangan utama yang dihadapi adalah dalam menentukan bagaimana Bogasari akan melanjutkan langkah menjadi world’s leading integrated provider of quality grain-related products and s BOGASARI ervices, dianggap sebagai gelombang Ke-2 dari rangkaian Global Player GLOBE 2020 transformasi yang dijalankan Asean Expansion Aspac Expansion $ $ $ $ $ $ $ 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008 PT Indofood Sukses Makmur Tbk Centralized Control & Decentralized Operations KELOMPOK USAHA BOGASARI SBU Empowerment Technology alignment Bogasari “Virtual” Corporate • SBU1 Flour Systems alignment ?  OPU Flour Jakarta  OPU Flour Surabaya VIRTUAL CORPORATE-SBU-OPU SETUP Structural alignment  OPU BSI • SBU2 Packaging Leadership formation  OPU Packaging • SBU3 Transportation People alignment & value attunement  OPU Maritime • SBU4 Complementary Business Policy clarification & alignment  OPU Pasta Re-assessing the current direction  OPU Trading 12 Crisis management Decentralized Operations
  13. 7.c. ROADMAP TO GLOBE 2020 ROADMAP TO GLOBE 2020 Empat Strategi VISION MENJADI PERUSAHAAN GLOBAL PENYEDIA MAKANAN BERKUALITAS (BERBASIS PERTANIAN) DAN PRODUK SERTA JASA TERKAIT. MISI KAMI BERKOMITMEN UNTUK MENDIAKAN PRODUK DAN JASA MAKANAN (BERBASIS PERTANIAN) BERMEREK YANG BERORIENTASI PASAR DAN PELANGGAN YANG INOVATIF DAN BERKUALITAS TINGGI. KAMI BERUSAHA UNTUK MEMBERIKAN KEPUASAN, MEMENUHI KEBUTUHAN KESEHATAN DAN GIZI MASYARAKAT; MEMBERIKAN NILAI (MANFAAT) OPTIMAL BAGI PELANGGAN KAMI, PEMILIK MODAL, PEKERJA DAN MASYARAKAT PADA UMUMNYA NILAI-NILAI N  INTEGRITAS  KEUNGGULAN  KEPEDULIAN • Tetap mendominasi pasar tepung  KEBERSAMAAN di Indonesian  KETERBUKAAN • Meningkatkan pasar & diversifikasi produk & jasa • Exspansi regional • Integrasi vertikal & horisontal 13
  14. 8.KESIMPULAN VISI YANG JELAS AMAT DIPERLUKAN, MEMBERI ARAH PADA SAAT KRISIS KEPEMIMPINAN YG KUAT AKAN MAMPU MEMBAWA KELUAR DARI KRISIS DENGAN DAMPAK MINIMAL KONSISTENSI DALAM BERTINDAK DAN FOKUS ENVIRONMENTAL SCANNING (IPOLEKSUSBUD) SBG LANGKAH ANTISIPATI KRISIS KOMUNIKASI & RELASI DG MEDIA MASSA + PEMANGKU KEPENTINGAN MENJADI PENTING, TERLEBIH DALAM SITUASI KRISIS 14
  15. 9.PENUTUP “DUNIA DAN ORANG LAIN TIDAK AKAN BISA DIMINTA SUPAYA BERHENTI MENSIASATI KITA, KECUALI MERUBAH DIRI KITA SENDIRI SEHINGGA TIDAK BISA DIPERDAYA OLEHNYA” pengarang: (F. WELIRANG) TERIMA KASIH 15